Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 5, No 1 (2025): Januari

Learning Obstacle pada Pembelajaran Program Linear untuk SMK Kelas X

Safitri, Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan atau hambatan belajar yang dialami peserta didik dan berbagai penyebab hambatan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis kesulitan belajar didapat dengan memberikan tes Learning Obstacle, melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran, dan menganalisis hasil tes Learning Obstacle, yang diberikan kepada 20 peserta didik kelas XII. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian pembelajaran program linear ini peserta didik mengalami kesulitan atau hambatan belajar pada materi program linear yakni 1) terdapat peserta didik yang belum mampu membuat model matematika dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel, 2) peserta didik kesulitan menentukan himpunan penyelesaian atau titik pojok yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel, 3) peserta didik kesulitan dalam menggambar grafik daerah himpunan penyelesaian, 4) peserta didik kesulitan dalam menentukan nilai optimum dari fungsi tujuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...