Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 5, No 1 (2025): Januari

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa

Rudy, Raihana Ariska (Unknown)
Afandi, Ahmad (Unknown)
Saidi, Soleman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan keaktifan belajar siswa MAS Alkhairaat Ternate setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan keaktifan belajar siswa MAS Alkhairaat Ternate setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Desain penelitian menggunakan Pretest Posttest Only Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Alkhairaat Ternate. Sampel adalah siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dalam bentuk tes dan nontes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil uji normalitas data diperoleh signifikansinya (sig) 0,002 untuk uji normalitas kolmogorov-smirnov, signifikansinya (sig)  maka kesimpulan data tidak berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan wilcoxon signed ranks test diperoleh sig 0,001 dengan  0,05 maka 0,001 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Sedangkan pada keaktifan belajar siswa menunjukan sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh rata-rata 64,69 dengan kategori kurang baik. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 84,37 yang berada pada kategori baik. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 0,59 yang diinterprestasikan sedang, sedangkan peningkatan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat pada kategori baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...