Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 3 No. 1 (2025): September

PENGARUH KEPRIBADIAN KONSUMEN PADA NIAT BELI SEPEDA MOTOR LISTRIK DIMEDIASI KEUNTUNGAN FINANSIAL PERSEPSIAN, LINGKUNGAN, DAN RISIKO

Choirunnisa Wahyu Retnowati (Unknown)
Waluyo Budi Atmoko (Unknown)
Ariefah Yulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepribadian konsumen terhadap niat beli sepeda motor listrik dengan mediasi keuntungan finansial persepsian, lingkungan persepsian, dan risiko persepsian. Metode kuantitatif digunakan dengan survei terhadap 202 responden pengguna kendaraan non-listrik melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbantuan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian konsumen berpengaruh signifikan terhadap keuntungan finansial dan lingkungan persepsian, namun tidak signifikan terhadap risiko persepsian. Selain itu, hanya keuntungan finansial persepsian yang berpengaruh positif terhadap niat beli, sedangkan lingkungan persepsian dan risiko persepsian tidak berpengaruh. Temuan ini menegaskan bahwa faktor psikologis dan persepsi ekonomis lebih dominan dalam mendorong niat beli kendaraan ramah lingkungan. Penelitian ini berimplikasi pada strategi pemasaran industri otomotif yang perlu menekankan keuntungan finansial serta kebijakan pemerintah dalam mempercepat adopsi sepeda motor listrik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...