Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 3 No. 1 (2025): September

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survey Pada Pelanggan Cold ‘N Brew Fajar Indah di Surakarta)

William Gusti Nova (Unknown)
Retno Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen Cold ‘N Brew Fajar Indah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pelayanan, harga dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen Cold ‘N Brew Fajar Indah. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Cold ‘N Brew Fajar Indah. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (????2 ). Hasil uji validitas untuk semua item pernyataan dari semua variabel menunjukkan valid karena p-value = 0,05 < 0,05. Hasil uji reliabilitas untuk semua item pernyataan menunjukkan nilai cronbach alpha > 0,6 maka semua item pernyataan reliabel. Uji asumsi klasik menunjukkan lolos untuk semua uji baik uji multikolinearitas, heteroskedastisitas dan normalitas. Hasil analisis regresi linear berganda dengan p-value Y = 0,341 + 0,313 X1 + 0,317 X2  + 0,215 X3 + e. Hasil uji t kualitas pelayanan dengan p-value 0,001 < 0,05 bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga dengan p-value 0,002 < 0,05 maka harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, store atmosphere dengan p-value 0,034 < 0,05, bahwa store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Cold ‘N Brew Fajar Indah. Hasil uji F menunjukkan model tepat dalam memprediksi pengaruh kualitas pelayanan, harga dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen Cold ‘N Brew Fajar Indah. Hasil yang diperoleh dari koefisien determinasi (????2) sebesar 0,507, artinya besarnya pengaruh independen X1 (kualitas pelayanan), X2 (harga) dan X3 (store atmosphere) terhadap Y (kepuasan konsumen) sebesar 50,7%. Sisanya (100% - 50,7 %)= 49,3 % diterangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...