Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 3 No. 1 (2025): September

PENGARUH DAYA TARIK WISATA, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA SOLO SAFARI DI SURAKARTA

Salva Chelsia Putri Frisnanda (Unknown)
Retno Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Solo Safari merupakan salah satu objek wisata di kota Solo yang menawarkan konsep unik dan berbeda, dengan menawarkan konsep wisata alam yang kuat, dipadukan dengan aspek konservasi dan edukasi satwa yang tidak ditemukan di destinasi wisata lain yang ada di kota Solo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata, harga dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pengunjung objek wisata Solo Safari. Metode pengambilan sampel purposive sampling atau pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Uji Instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item pernyataan kuesioner daya tarik wisata, harga dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung dinyatakan valid karena p-value < 0,05, dan reliabel karena Cronbach’Alpha > 0,60. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel telah lolos uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan terdistribusi normal. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 3,239 + 0,395 X1 + 0,204 X2 + 0,224 X3. Hasil uji t diperoleh ada pengaruh signifikan daya tarik wisata (X1), harga (X2) dan fasilitas (X3) terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Solo Safari. Hasil uji F diperoleh bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 51,1%. Sisanya (100%-51,1%)=48,9% diterangkan oleh variabel lain diluar model

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...