Literasi sains merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa untuk memahami, menerapkan, dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Hasil PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa Indonesia masih rendah, terutama akibat pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual, khususnya pada materi ekosistem yang bersifat kompleks. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan e-book berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dirancang untuk melatihkan literasi sains melalui keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji validitas dan kepraktisan e-book interaktif pada materi ekosistem. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Krian dengan pendekatan Research and Development (R&D) model 4D dengan tahap define, design, develop, dan disseminate dengan melibatkan 35 siswa kelas X-12 sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui uji validitas, angket respons siswa, uji keterbacaan, dan wawancara, menggunakan instrumen berupa lembar validasi, angket, dan soal tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa e-book memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan skor 96%, dinilai praktis berdasarkan respons positif siswa sebesar 90,9%, serta memiliki tingkat keterbacaan pada level kelas 10 menurut Grafik Fry. Dengan demikian, e-book ini dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran ekosistem guna melatihkan literasi sains siswa.
Copyrights © 2025