Jurnal Tadbir Peradaban
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Tadbir Peradaban

Analisis Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 9 Di SMPN 272 Jakarta

Hutapea, Ribka N. (Unknown)
Nugroho, Moh Taufan (Unknown)
Hidayati, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 272 Jakarta. Manajemen pembelajaran adalah suatu proses yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran secara sistematis dan terukur untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Dalam praktiknya, manajemen pembelajaran yang baik akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mendukung tercapainya kompetensi yang ditargetkan dalam kurikulum. Wawancara mendalam dilakukan dengan guru mata pelajaran dan kepala sekolah, serta dokumentasi perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, dan hasil evaluasi belajar siswa. Seluruh data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara penerapan manajemen pembelajaran dengan pencapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan perencanaan pembelajaran dengan cukup baik, ditunjukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan berbagai strategi dan metode, seperti diskusi kelompok, ceramah interaktif, dan pembelajaran berbasis proyek. Evaluasi dilakukan secara berkesinambungan, baik melalui penilaian formatif maupun sumatif, untuk memantau perkembangan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tadbir

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Tadbir Peradaban adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen STIE Hidayatullah Depok. Cakupan dan Fokus, meliputi bidang Manajemen dan Sumber Daya ...