Penelitian ini telah mengkaji pengaruh transformasi digital dalam pembelajaran kewirausahaan untuk mengembangkan jiwa entrepreneur mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Doktor Husni Ingratubun Papua pada era Society 5.0. Penelitian ini telah menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan dukungan data kualitatif melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen terhadap 40 mahasiswa semester empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital, literasi digital, dan dukungan institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa dengan kontribusi bersama sebesar 61%, di mana literasi digital menjadi faktor paling dominan. Temuan kualitatif memperlihatkan bahwa pemanfaatan platform digital, pendampingan dosen, serta kebutuhan inkubator digital memperkuat kesiapan mahasiswa mengembangkan usaha berbasis teknologi. Penelitian ini telah menyimpulkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pembelajaran kewirausahaan meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia usaha modern. Hasil ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan untuk memperkuat kurikulum berbasis teknologi dan membangun ekosistem kewirausahaan digital yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025