Artikel ini mengkaji hakikat dan mandat Pendidikan Kristen sebagai lembaga pendidikan berbasis iman dari perspektif teologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka yang melibatkan sumber primer, termasuk teks-teks Alkitab dan karya-karya teologis, serta sumber sekunder yang diambil dari literatur pendidikan Kristen dan teori pedagogi modern. Analisis dilakukan dengan pendekatan hermeneutis untuk menafsirkan teks-teks Alkitab serta kerangka deskriptif-analitis guna mengintegrasikan prinsip-prinsip teologis dengan realitas pendidikan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kristen berperan sebagai agen pembentukan karakter yang holistik, penguatan tanggung jawab sosial, dan pusat transformasi spiritual yang berlandaskan pada nilai-nilai Kerajaan Allah. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi antara prinsip-prinsip teologis dengan teori pendidikan modern, sehingga menghasilkan kerangka konseptual yang menegaskan relevansi dan urgensi Pendidikan Kristen dalam menjawab tantangan zaman. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori dan praktik pendidikan berbasis iman yang holistik, kontekstual, dan transformatif.
Copyrights © 2025