Haumeni Journal of Education
Vol 5 No 2 (2025): Edisi Khusus

INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA LISTRIK

Ahmad, Mauludin Satryawan (Unknown)
Sebu, Resno Umbu (Unknown)
Tefa, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2025

Abstract

Beberapa konsep abstrak seperti arus, tegangan, dan hambatan dalam materi kelistrikan fisika sering kali menjadi tantangan besar dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang konkret dan interaktif. Artikel ini mengkaji efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis rangkaian digital melalui studi literatur sistematis terhadap tujuh sumber ilmiah dalam 10 tahun terakhir. Fokus utama kajian adalah pemanfaatan komponen IC LM324, LM339, serta gerbang logika TTL 7408 dan 7486 untuk memvisualisasikan alat hukum Ohm dan hukum Kirchhoff. Hasil kajian menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan memvisualisasikan konsep kelistrikan secara nyata dan mendorong pembelajaran aktif. Media ini dinilai efektif, mudah dirakit, ekonomis, serta sesuai dengan konteks sekolah menengah dengan keterbatasan sarana. Selain itu, pendekatan ini berkontribusi dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan eksplorasi siswa. Penelitian menyarankan agar pengembangan media didukung dengan pelatihan guru dan integrasi ke dalam kurikulum. Dengan demikian, media ini berfungsi sebagai alat bantu belajar sekaligus sarana eksplorasi untuk memperkuat pembelajaran berbasis proyek dan teknologi di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...