Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal
Vol. 2 No. 2 (2024): Multidiciplinary Scientifict Journal

Pembentukan Moral Anak Sesuai Fitrahnya Melalui Pendidikan Islam

Rahma, Annisa (Unknown)
Rostam, Betty Mauli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Dalam konteks pendidikan Islam, konsep fitrah memegang peranan penting sebagai fondasi yang memahami hakikat bawaan setiap individu. Fitrah merujuk pada hakikat alami dan dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir. Ini adalah keadaan ketika setiap individu memiliki niatan baik dan suci dalam dirinya. Fitrah mencerminkan asal kebaikan dalam diri manusia.Namun, konsep fitrah juga mengakui bahwa lingkungan dan pengalaman individu dapat memengaruhi, mengubah, atau mengaburkan fitrah asalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moral  para siswa yang mengalami  kemunduran, membimbing peserta didik agar mau menghormati guru, menjunjung tinggi etika sopan santun ketika berkomunikasi dengan seorang guru. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik sekolah menengah atas di sekolah dasar muhammadiyah karangploso. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, teknik analisis data deskriptif kualitatif dari analisis konten. Data penelitian dianalisis  menggunakan teknik analisis  data penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam sosial media di instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang guru   membutuhkan pendekatan moral kepada peserta didik untuk mengarahkan peserta didik tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Arts Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mathematics Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Mutiara: Multidisciplinary Scientific Journal is a double blind, peer-reviewed and open access academic journal for the fields of Economics and Business, Mathematics and Natural Sciences, Humanities, Social Sciences, Communications, Engineering, Informatics, Agriculture, Fisheries, Forestry, Health ...