Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi
Vol 14, No 2 (2015)

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN

Wibawa S.R (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
Setyorini Th. D (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)



Article Info

Publish Date
18 May 2017

Abstract

Salah satu tantangan baru bagi perusahaan saat ini adalah membuat iklan yang efektif. Salah satu cara yang umum untuk meningkatkan efektivitas iklan adalah dengan menggunakan artis sebagai duta produk sering disebut celebrity endorser. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah ada pengaruh celebrity endorser terhadap efektivitas iklan. Penelitian ini dilakukan pada 54 mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata dengan metode eksperimen two independent group design. Pengukuran efektivitas iklan menggunakan skala yang berdasarkan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Melalui penelitian didapati hasil yang sangat signifikan (t0 = 3.047, p rata-rata kelompok kontrol (35.63). Hasil ini menunjukkan bahwa iklan dengan celebrity endorser lebih efektif daripada iklan tanpa celebrity endorser. Berdasarkan pada hasil ini nampak bahwa menggunakan selebriti sebagai endorser akan efektif meningkatkan pengenala masyarakat terhadap iklan yang ditampilkan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

psi

Publisher

Subject

Physics

Description

PSIKODIMENSIA is a scientific study that contains the results of research, thought and dissemination that aims to improve research, reviews and applications in the field of psychology. As a forum, communication media, and scientific development, the editorial received a contribution to the article ...