Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Guru di Direktorat Guru Pendidikan Dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 84 responden yang merupakan guru penerima layanan di Direktorat Dikdas. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel.Metode penelitian yang di gunakan adalah metode pendekatan kuantitatif, dengan Analisis regresi linier berganda. Menggunakan alat hitung statistik SPSS27.Hasil penelitian ini secara uji parsial variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru. dan secara uji parsial Variabel Fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru . Secara uji simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru . Dengan demikian, Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas menjadi faktor penting dalam membangun Kepuasan Guru di Direktorat Pendidikan Dasar. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas , Kepuasan Guru.
Copyrights © 2025