YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Guru Di Direktorat Guru Pendidikan Dasar

Widod, Wahyu Budi (Unknown)
Permadi, Hendra (Unknown)
Siahaan, Leroy Holman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Guru di Direktorat Guru Pendidikan Dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 84 responden yang merupakan guru penerima layanan di Direktorat Dikdas. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel.Metode penelitian yang di gunakan adalah metode pendekatan kuantitatif, dengan Analisis regresi linier berganda. Menggunakan alat hitung statistik SPSS27.Hasil penelitian ini secara uji parsial variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru. dan secara uji parsial Variabel Fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru . Secara uji simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Guru . Dengan demikian, Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas menjadi faktor penting dalam membangun Kepuasan Guru di Direktorat Pendidikan Dasar. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas , Kepuasan Guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...