Pengabdian ini dilatarbelakangi analisis masalah yang dialami oleh mitra. Terdapat empat masalah berupa Pertama, guru kurang memahami konsep tata tulis dan etika publikasi karya ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi. Kedua, Sebagian besar guru belum pernah mempraktikkan pembuatan naskah artikel jurnal sesuai dengan prosedur, Ketiga, Guru kurang memahami cara tips untuk memilih penerbit jurnal terakreditasi yang baik, Keempat, Guru tidak memahami tata cara submit lewat Open Journal System (OJS) secara baik. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengalaman secara teoritis dan praktis tentang pendampingan pembuatan dan submit naskah artikel jurnal ilmiah terakreditasi nasional. Metode yang digunakan berupa ceramah,tanya jawab, best practice dan diskusi. Instrumen pengumpulan data berupa angket self assessment yang digunakan untuk mengevaluasi diri saat apakah sudah memahami materi dan menilai secara mandiri proses praktik submit jurnal sedangkan lembar observasi untuk menilai praktik guru dalam membuat draft dan submit naskah jurnal secara berkelompok. Analisis data pengabdian ini menggunakan deskripsi persentase dengan kriteria skala interval.Hasil analisis data angket self assessment dilihat secara tiga indikator rata-rata hasilnya 91% dengan sehingga termasuk kriteria baik dan data lembar observasi sebesar 92% sehingga termasuk kriteria baik
Copyrights © 2025