Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran digital interaktif melalui lokakarya Canva yang dilaksanakan di SMP Negeri 22 Malang. Dengan menggunakan desain penelitian tindakan partisipatif dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat, program ini melibatkan 25 guru mata pelajaran yang mengikuti dua sesi pelatihan: pengenalan Canva dan praktik pembuatan media. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner pra dan pascapelatihan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, sebagian besar guru masih mengandalkan media konvensional yang tidak interaktif, terutama slide statis. Setelah lokakarya, peserta menunjukkan peningkatan keterampilan dan kepercayaan diri dalam menggunakan Canva untuk menghasilkan infografis, poster, dan presentasi interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan terstruktur secara efektif mendukung inovasi pedagogis yang selaras dengan pembelajaran multimodal dan tujuan literasi digital abad ke-21. Inisiatif ini memberikan model yang dapat direplikasi untuk memberdayakan pendidik dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pengajaran secara lebih bermakna. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengkaji dampak jangka panjang dan hasil belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025