Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan permainan ular tangga di Kelompok B TK Makarti Mukti Tama, Desa Paraili, Kecamatan Mamuju Tengah. Latar belakang penelitian didasari oleh masih adanya anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal angka, melakukan penjumlahan sederhana, serta mengurutkan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 9 anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 4 perempuan. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak secara signifikan. Anak menjadi lebih termotivasi, antusias, dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, permainan ular tangga efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2025