Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Efektivitas Program Gemar Menabung Terhadap Pembentukan Karakter Hemat Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar: Penelitian

Dinda Nila Sabrina (Unknown)
Muhammad Yunus (Unknown)
Universitas Muhadi Setiabudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Sosialisasi program gemar menabung berfokus pada pengembangan karakter, nilai, sikap, dan perilaku yang berkaitan dengan kebiasaan menbung dan pengelolaan keuangan yang bijak. Tujuan utamanya adalah membantu peserta didik, khususnya anak-anak, membentuk kepribadian yang positif serta seimbang dalam mengatur keuangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Program Gemar Menabung terhadap Pembentukan Karakter hemat pada Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomelogis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa dan orangtua peserta program. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman mengenai uang dan fungsinya melalui penggunaan celengan. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa program gemar menabung berdampak positif pada peningkatan perilaku hemat siswa. Peserta melaporkan adanya perubahan kebiasaan dalam mengelola uang, peningkatan kesadaran menabung, serta penguatan karakter hemat. Dengan demikian, program gemar menabung dapat menjadi strategi efektif pembentukan karakter hemat melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial. Hasil ini diharapkan menjadi rujukan bagi guru dan sekolah dalam merancang program pendidikan karakter, khususnya karakter hemat dalam diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...