Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran materi teorema Pythagoras yang mengintegrasikan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan memanfaatkan perangkat lunak 3D Pageflip Professional. Pengembangan e-modul ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada topik teorema Pythagoras yang seringkali dianggap abstrak oleh siswa. Pendekatan RME dipilih karena kemampuannya menjembatani konsep matematika abstrak dengan dunia nyata siswa, sehingga meningkatkan pemahaman dan relevansi materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP N 10 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat valid dari segi materi (95,7%) dan desain (89%). Aspek kepraktisan terbukti melalui penilaian guru (91,4%), uji coba kelompok kecil (87,9%), dan uji coba lapangan (83%). Keefektifan e-modul terefleksi pada hasil belajar siswa, di mana rata-rata siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 80,9%. Temuan ini menegaskan potensi e-modul berbasis RME dengan teknologi visualisasi 3D dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri.
Copyrights © 2025