PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2025): EDISI OKTOBER, 2025

PROFIL RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI REPRESENTASI GAMBAR

Kusumawati, Ling Ling (Unknown)
Hayuhantika, Diesty (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Resiliensi penting dimiliki oleh siswa karena resiliensi matematis dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil resiliensi matematis siswa dalam memecahkan masalah aljabar dengan representasi gambar dan simbolik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pemecahan masalah aljabar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pemecahan masalah aljabar untuk mengetahui kemempuan pemecahan masalah berdasarkan langkah polya. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui indikator resiliensi matematis siswa dan wawancara digunakan untuk melengkapi resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat resiliensi tinggi mampu menunjukkan ketekunan, mencoba strategi, menggunakan model, dan tidak mudah menyerah baik dalam representasi gambar. Siswa dengan resiliensi rendah hanya menunjukkan sedikit indikator resiliensi, seperti membaca ulang dan bertanya, serta tidak mampu melanjutkan proses pemecahan masalah dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...