PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2025): EDISI OKTOBER, 2025

DAMPAK UMPAN BALIK GURU TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: STUDI LITERATUR

Putri, Deandri Nuryanti (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak umpan balik guru terhadap efikasi diri siswa dan prestasi belajar matematika melalui metode studi literatur. Efikasi diri, khususnya dalam matematika, berperan penting dalam membangun kepercayaan diri siswa untuk memecahkan masalah dan memahami konsep matematika. Salah satu strategi untuk meningkatkan efikasi diri ini adalah dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dari guru. Studi ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa umpan balik guru secara signifikan meningkatkan efikasi diri dan prestasi belajar siswa dalam matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa umpan balik yang efektif membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta menyesuaikan strategi belajar mereka. Temuan ini menekankan pentingnya keterampilan pemberian umpan balik oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...