SMK Negeri 2 Semarang yang berdiri sejak tahun 1951 terus beradaptasi untuk memenuhi tuntutan dunia industri, salah satunya dengan meningkatkan kompetensi siswa melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Salah satu tantangan yang dihadapi adalah masih terbatasnya pemahaman guru dan siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) mengenai pemanfaatan trigger dan stored procedure dalam pengelolaan basis data untuk efisiensi, keamanan, dan otomasi sistem informasi. Metode pelaksanaan pelatihan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang signifikan. Pemahaman awal terhadap materi pelatihan berkisar antara 12,5% sampai dengan 37,5%. Setelah mengikuti pelatihan, baik guru maupun siswa menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman sebesar 100%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan siswa dalam pengelolaan basis data khususnya trigger dan stored procedure . Simpulan dari pelatihan ini adalah keberhasilannya dalam menjembatani kesenjangan pengetahuan dan mendukung kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja industri.
Copyrights © 2025