Komunitas radio menggunakan beberapa strategi untuk meyakinkan pendengarnya, seperti menyediakan program yang menarik, layanan berkualitas, dan fasilitas pendukung. Memahami kualitas layanan dalam konteks radio komunitas membutuhkan mempertimbangkan fungsi khusus yang dimainkan dalam mempromosikan rasa komunitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendengar Radio Komunitas Dapur Remaja di Kota Depok menyadari kualitas layanannya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif untuk menggambarkan demografi serta tingkat persepsi kualitas pelayanan. Sampel dalam penelitian adalah pendengar Radio Komunitas Dapur Remaja yang tinggal di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria berusia antara 35 dan 44 tahun berpendidikan SMA dan S1 bekerja sebagai karyawan swasta. Pendengar RKDR cenderung baru yang mendapatkan rekomendasi penggunaan layanan berasal dari teman. Tingkat persepsi kualitas pelayanan oleh pendengar berada dalam kategori baik untuk semua dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.
Copyrights © 2025