Studi ini bermaksud untuk menentukan efektifitas implementasi strategi active learning tipe peer lesson berbantuan power point terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis studi ini yaitu Quasi Eksperimen dengan tahap pretest,dan posttes non equivalent control group design. Variabel independen dari penelitian adalah metode pembelajaran aktif jenis peer lesson dan variable dependen adalah hasil belajar. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas XI IPA SMAN 8 Gowa yang berjumlah 117 siswa yang terbagi kedalam 3 kelas, dengan sampel sebanyak 70 siswa terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas IPA2 dan kelas IPA3. pengumpulan informasi dilakukan dengan memberikan kuis atau ujian soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor baik sebelum (pretest) maupun sesudah (posttest) pemberian perlakuan. Teknik analisis data secara deskriptif maupun melalui inferensial dengan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh bahwa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,89 dan posttest sebesar 79,51 dengan persentase KKM 85,71% dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,77 dan posttest sebesar 89,63 dengan persentase KKM 88,57%.Sementara itu, dalam Uji Hipotesis T-test, nilai sig
JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...