Humano: Research Journal
Vol 8, No 1 (2017): Periode Juni

ANALISIS KOMPOTENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP NEGERI SE-KOTA TERNATE

Hernita Pasongli (Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNKHAIR)
Hasmawati Hasmawati (Prodi Pendidikan PPKN FKIP UNKHAIR)
Riski Nuri Amelia (Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNKHAIR)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

ABSTRAK. Penelitian dengan bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kompetensi professional guru IPS se-Kota Ternate, 2) Mendeskripsikan kompetensi pedagogic guru IPS se-Kota Ternate dan 3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap komptensi professional dan pedagogic guru IPS. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri Kota Ternate. Data yang diperoleh dari angket dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa bahwa Kompetensi professional guru IPS se-Kota Ternate dikatagorikan tinggi sebesar 62%, sedangkan katagori sedang sebesar 36% dan katgori rendah sebesar 2,22%. Sedangkan Kompetensi pedagogic guru IPS dikatagorikan tinggi sebesar 24%, sedangkan katagori sedang sebesar 42% dan katagori rendah sebesar 34%. Selanjutnya Persepsi Peserta didik di SMP Negeri se-Kota Ternate terhadap kompetensi pedagogic guru dikatagorikan tinggi sebesar 38,56%, sedangkan katagori sedang sebesar 51,63% dan katagori rendah sebesar 9,8%. Sedangkan untuk kompetensi professional dikatagorikan tinggi sebesar 57,51%, katagori sedang sebesar 38,56% dan katagori rendah sebesar 3,92%. Kata Kunci: Kompetensi Profesional; Pedagogik; Persepsi Siswa ABSTRACT. Research with aims to 1) describe the professional competence of IPS teachers in Ternate, 2) to describe the pedagogic competence of IPS teachers in Ternate City and 3) to describe students' perceptions of professional competence and pedagogic of IPS teachers. This research was conducted on the students of class VIII in SMP N Ternate. Data obtained from questionnaires and observation sheets. Data obtained from questionnaires and observation sheets. The result of research shows that the professional competence of IPS teachers in Ternate City is 62%, while the middle category is 36% and the low category is 2,22%. While pedagogic competence of IPS teachers is categorized high by 24%, while the moderate category is 42% and lowest category is 34%.  Keywords: Professional Competence; Pedagogic; Student Perceptions

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

humano

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Humano: Jurnal Penelitian (HJP) adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun yang memuat tentang hasil riset di bidang ilmu noneksakta atau sosial humaniora meliputi aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, hukum dan budaya. HJP ...