Artikel ini dibagun dengan Tujuan pengimplementasikan E-Commerce sebagai media promosi produk yang ada di Kecamatan Gaung. Produk rumahan yang diproduksi oleh masyarakat kecamatan Gaung ini sebagian besar merupakan produk olahan tangan tradisional yang seharusnya dikenal oleh khalayak. Namun, Promosi produk yang ada di kecamatan Gaung saat ini masih dilakukan secara sederhana dan belum meluas, hanya berbataskan oleh media sosial pribadi seperti facebook dan Whatsapp, bahkan tidak jarang promosi hanya dilakukan secara pribadi hingga mulut ke mulut, dengan jangkauan pelanggan yang ada saat ini masih berada dalam ruang lingkup kecamatan saja. Padahal, produk lokal bisa dikenalkan lebik baik hingga ke luar provinsi bahkan luar negeri agar produk mampu dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya bagi masyarakat setempat hingga menjangkau masyarakat luar daerah, sehingga Produk UMKM yang ada di Kecamatan Gaung mampu bersaing secara global. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Define, Design, Develop, Decemination (D4). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa OpenCart dapat menjadi media pendukung dalam meningkatkan media promosi produk yang ada di Kecamatan Gaung. Abstract This article is built with the aim of implementing E-Commerce as a promotional media for products in Gaung Sub-district. The home products produced by the people of Gaung sub-district are mostly traditional handmade products that should be recognized by the public. However, the current promotion of products in Gaung sub-district is still carried out simply and not widely, only limited by personal social media such as Facebook and Whatsapp, it is not uncommon for promotions to only be carried out personally to word of mouth, with the reach of existing customers currently still within the scope of the sub-district only. In fact, local products can be introduced better outside the province and even abroad so that products can be recognized by the wider community not only for the local community to reach people outside the region, so that MSME products in Gaung District are able to compete globally. This research uses the Research and Development (R&D) model with the Define, Design, Develop, Decemination (D4) development model. The results of this study found that OpenCart can be a supporting medium in improving product promotion media in Gaung District.
Copyrights © 2025