Pelayanan merupakan kunci dari industri perhotelan khususnya pada restaurant. Restaurant harus bisa memberikan pelayanan yang baik, berkualitas, serta kinerja dari pramusaji juga berperan dalam menunjang operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kinerja pramusaji dalam menunjang operasional Swiss-Café Restaurant. Kinerja pelayanan memiliki peran penting dalam industri perhotelan dan restoran karena berdampak langsung kepada tamu dan efektivitas operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pramusaji yang ada di Swiss-Café restaurant sudah mengerti prosedur yang ada dan hampir memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan, namun terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan pada kinerja mereka agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan prosedur yang ada. Kesimpulan yang dapat ditarik secara keseluruhan adalah kualitas pelayanan yang baik dari sebuah restaurant dapat di nilai dari kinerja pramusaji pada saat bertugas serta terlaksananya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada membuat operasional restaurant akan lebih baik.
Copyrights © 2025