Penelitian ini mengekplorasi dan mengkaji integrasi teknologi komunikasi dalam pendidikan seni rupa dan desain melalui pendekatan studi literatur naratif. Penelitian dilakukan dengan meninjau publikasi ilmiah nasional maupun internasional yang relevan, yang diterbitkan dalam kurun waktu 2015–2025. Analisis tematik menunjukkan tiga isu utama yang muncu, yaitu (1) inovasi media pengajaran melalui teknologi imersif, (2) tantangan struktural dan kultural dalam implementasi teknologi komunikasi, dan (3) dampak pedagogis terhadap keterlibatan dan identitas profesional mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi komunikasi tidak hanya berfungsi sebagai media bantu, tetapi juga sebagai agen transformasi pedagogi seni yang lebih interaktif, reflektif, dan kolaboratif. Namun, untuk memastikan dampak positifnya, integrasi teknologi perlu dilakukan secara sistemik melalui dukungan kebijakan, pelatihan dosen, serta kurikulum yang adaptif dan berorientasi pada penguatan nilai serta literasi kritis mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan reposisi strategi pendidikan seni rupa dan desain agar selaras dengan perkembangan teknologi komunikasi kontemporer.
Copyrights © 2025