Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pengelolaan Pendidikan mengalami perubahan mendasar. Pemerintah selaku pengelola dan mengontrol sekolah ingin secara eksternal seragam tetapi justru fokus beralih pada pemberian otonomi berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang lebih luas kepada sekolah.  Kearifan lokal berupa nilai-nilai Huma Betang mendukung pengelolaan manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi pengelolaan manajemen berbasis sekolah berbasis Huma Betang di  sekolah dasar dalam menghasilkan pendidikan berkualitas, adaptif, dan resposif, serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendeaktan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sampel dari SDN 12 langkai, SDN 4 Menteng, SDN 6 Panarung, SDN 7 Menteng, dan SDN 1 Menteng dengan sample random sampling. Hasil penelitian yaitu Implementasi  8 indikator manajemen berbasis sekolah yang berbasis budaya Huma Betang terlihat mampu mentrasformasi karakter peserta didik melalui nilai-nilai  kebersamaan, transfer ilmu, dan kesetaraan  dalam menuju pendidikan berkualitas, adaptif, dan kontekstual.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025