Salah satu bidang yang paling sulit dan abstrak adalah kimia. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan memecahkan masalah yang mengakibatkan hasil belajar yang buruk. Sehingga menyebabkan masalah dalam pembelajaran kimia yang dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang terlalu lama, serta penerapan model dan metode yang tidak efektif dalam pembelajaran kimia yang dapat berdampak negatif pada kemampuan siswa untuk memahami konsep-konsep kimia. keterampilan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah karena kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan soal serta penguasaan konsep yang kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problem solving peserta didik SMA. Penelitianan ini menggunakan systematic literature review, yang dilakukan dengan pencarian artikel dalam rentang waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2020-2024 sebanyak 30 artikel melalui penyaringan dan 7 artikel yang memiliki minimal sinta 5 telah diidentifikasi untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil systematic literature review menunjukkan bahwa dalam meningkatkan pemecahan masalah yang dibahas dari artikel mengenai materi laju reaksi, titrasi asam basa, kimia unsur, kesetimbangan kimia dan hidrolisis garam yang menggunakan metode kualitatif, kuantitatif dan metode pengembangan. Instrument yang digunakan berupa tes uraian, wawancara serta menggunakan LKPD.
Copyrights © 2025