Jurnal Penyuuhan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (September)

Implementasi KKN Tematik Literasi Dalam Penguatan Literasi dan Taman Baca Masyarakat Di Kelurahan Kenanga

Rahma, Syawalya (Unknown)
Elga Lauza Evelyna (Unknown)
Fanny Annisa Fazarrosy (Unknown)
Syifa Energi Maulana (Unknown)
Vivi Fadhilah Safitri (Unknown)
Citra Maharani (Unknown)
Maulana Haikal An Nur (Unknown)
Andrea Zulius Anarta (Unknown)
Rara indah Oktaviani (Unknown)
Dhea Olivia Putri (Unknown)
Renaldi Rizki Nugraha (Unknown)
Muhamad Reza (Unknown)
Prio Wibowo (Unknown)
Shandra Khaerunissa (Unknown)
Bachrudin Syaroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Literasi di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sumber, program ini bertujuan untuk memperkuat budaya literasi masyarakat melalui perbaikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Asmanadia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), melibatkan kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat khususnya anak-anak sekitar (TBM) Asmanadia dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Kegiatan yang dilakukan meliputi perbaikan sarana fisik TBM, penambahan koleksi buku bacaan, serta pelaksanaan aktivitas literasi seperti membaca nyaring, menulis cerita, diskusi buku, proyek berbasis bacaan, dan literasi digital. Hasil menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung TBM, bertambahnya koleksi buku bacaan yang layak dibaca, serta meningkatnya minat dan kebiasaan membaca anak-anak. Evaluasi melalui uji coba awal dan akhir mengindikasikan peningkatan frekuensi kunjungan serta perkembangan kreativitas, kepercayaan diri, dan kemampuan berpikir kritis peserta. Meski demikian, tantangan masih ada, seperti keterbatasan koleksi buku bacaan baru, partisipasi masyarakat yang tidak konsisten, dan minimnya tenaga pengelola. Program ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif efektif dalam memperkuat literasi masyarakat dan membuka peluang pengembangan lebih lanjut melalui kerja sama dengan pihak eksternal serta pengintegrasian literasi digital. Dengan demikian, Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Literasi di Kelurahaan Kenanga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas literasi masyarakat dan keberlanjutan kegiatan literasi di TBM Asmanadia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Penyuluhan Pertanian, Komunikasi Pembangunan, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sosiologi dan Antropologi Pertanian, Manajemen Sumberdaya Manusia, Kepemimpinan dan Kelembagaan Pertanian, Kewirausahaan dan Sistem Inovasi Pertanian, Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Pendidikan dan Media ...