ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan model Reciprocal Teachingpada mata kuliah Kalkulus II dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilanjutkan dengan kuantitatif dengan sampel sebanyak 63 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teachingberkualifikasi baik, (2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teachingdengan interpretasi sedang. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis; Reciprocal Teaching. ABSTRACT. This study aims to develop teaching materials using Reciprocal Teaching model in Calculus II courses in improving mathematical communication skills of mathematics education students. This research uses qualitative method and continued with quantitative with sample counted 63 students. The results showed that: (1) The achievement of students 'mathematical communication ability after applied the learning model of Reciprocal Teaching is well qualified, (2) There is the improvement of students' mathematical communication ability after applied learning model Reciprocal Teaching with moderate interpretation. Keywords: Mathematical Communication Skill; Reciprocal Teaching.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017