ABSTRAK. Masyarakat pembuat kapal phinisi merupakan masyarakat yang bangga akan nilai-nilai budaya mereka yang memiliki sejarah panjang dan menjadi ciri khas di wilayah tempat mereka bermukim serta merupakan sumber penghasilan ekonomi bagi keluarga. Pola pewarisan budaya dengan cara belajar bertukar belajar dan pemodelan, dilakukan dengan lebih menekankan pada keaktifan warga belajar dalam proses pembelajaran, yaitu memperhatikan karakteristik warga belajar, penentuan tutor oleh warga belajar berdasar kemampuan dan kedekatan, tujuan dan materi pembelajaran selalu berdasarkan kebutuhan belajar warga belajar, materi pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan praktek daripada teori, jadwal pembelajaran menyesuaikan dengan situasi dan kondisi warga belajar, pemanfaatan media pembelajaran disesuaikan dengan materi pembelajaran, penilaian hasil dilakukan pada saat proses belajar berlangsung dan hasil unjuk kerja warga belajar.Kata Kunci: Transformasi Budaya, Pemodelan, Tukar Belajar, Tukar Pengalaman ABSTRACT.The fiber craftsmen society are the examples of the societies which feel very proud of their cultural values with long history and being unique signatures in their populations and also become the source of family incomes. The pattern of culture inheritance by learning exchange learning and direct modeling conducted by emphasizing onthe active involvement of the learners, which are: highlighting the learners’ characteristic, tutor selection by the learners based on tutor capabilities and psychological proximity, learning material and purposed selected based on the learners’ needs, learning materials put more emphasize on practical activities than theory, the learning schedules are adjusted with the learners’ situation and condition, the use of learning media is adjusted with the learning materials, the assessment of learning conducted while the learning process taken place and from the learners’ work performance.Keywords:Culture Transformation, Direct Modeling, Learning Exchange, Experience Exhcange
Copyrights © 2016