RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

STRATEGI GURU PAI MENGINTEGRASIKAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 8 PEKANBARU

Rahayu, Fitri (Unknown)
Subhan, Mhd. (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi guru PAI dalam mengintegrasikan nilai agama dan budi pekerti serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasinya di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Fenomena dikotomi pembelajaran agama dan moral dalam pendidikan Islam menjadi problematika yang memerlukan solusi strategis melalui pendekatan integrasi holistik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis Creswell dan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan SaldaƱa dengan teknik validasi triangulasi, member checking, dan peer debriefing. Hasil penelitian mengungkap lima strategi integrasi efektif: storytelling Islami dengan refleksi nilai, pembelajaran kontekstual, pemodelan uswah hasanah, pembelajaran berbasis proyek karakter, dan pembelajaran kolaboratif. Keberhasilan implementasi didukung tujuh faktor: komitmen guru, dukungan kepemimpinan, ketersediaan sumber daya, budaya sekolah kondusif, keterlibatan orang tua-masyarakat, sistem evaluasi komprehensif, dan fleksibilitas adaptasi. Temuan memperkuat teori pendidikan Islam holistik sekaligus menghasilkan model integrasi praktis yang dapat direplikasi. Kontribusi penelitian mendukung pencapaian SDG 4 tentang pendidikan berkualitas dan SDG 16 tentang pembangunan institusi yang kuat melalui pengembangan generasi berkarakter dan berintegritas tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...