Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD yang merupakan mata kuliah inti keilmuan program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib. Karakteristik mata kuliah ini adalah membekali kemampuan memahami karakteristik peserta didik, materi matematika SD dalam merencanakan dan menerapkan teori pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika SD yang sesuai kebutuhan yang berlaku. Evaluasi program dengan metode CIPP (Context, Input, Process and Product) merupakan suatu model yang menjadi pertimbangan evaluator dalam mengevaluasi suatu kebijakan atau program yang sudah dilaksanakan. Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran matematika SD harus dapat memfasilitasi ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) mahasiswa. Kegiatan pembelajaran tidak hanya menuntut hafalan namun pada kemampuan berpikir kritis analitis dan kreatif. Program perkuliahan pembelajaran matematika SD akan lebih efektif bila dosen mengawali pengembangan assesmen formatif awal sehingga teridentifikasi kondisi kemampuan awal mahasiswa, baik potensi dan kelemahan mahasiswa . Hasil analisis asesmen formatif awal ini akan digunakan dosen dalam perancangan pembelajaran yang dikembangkan, selanjutnya pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi menjadi alternatif yang baik untuk mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa yang beragam. Integrasi teknologi, pedagogi dan conten dalam kemampuan TPACK mahasiswa juga perlu mendapatkan perhatian karena kemampuan ini sangat relevan sebagai profil calon guru.
Copyrights © 2024