Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2 (2025): Alifbata

Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Wulandari, Irma Yanty (Unknown)
Husnial Pardi, M. Habib (Unknown)
Arvy, Baiq Rofina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Integrasi antara matematika dengan budaya lokal memberikan perspektif baru dalam pengajaran yang lebih kontekstual dan dekat dengan pengalaman kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di SMPN 1 Bolo melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif pada materi kesebangunan dan wawancara semi-terstruktur, lalu dianalisis berdasarkan empat indikator berpikir kreatif menurut Munandar: kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika memunculkan variasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dengan kesiapan kognitif lebih baik menunjukkan kelancaran dan keluwesan berpikir yang kuat serta potensi keaslian solusi. Namun, hampir seluruh subjek masih lemah dalam aspek elaborasi, khususnya dalam mengembangkan penjelasan secara rinci.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...