Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru PKn dan siswa pelaku pelanggaran kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara meningkatkan kedisiplinan agar siswa tidak melakukan pelanggaran, aturan, dan memberikan pemahaman tentang kedisiplinan. Adapun bentuk keteladanan guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara memberikan contoh yang baik seperti guru harus disiplin, guru harus bertanggung jawab dan guru harus bersikap wibawa.
Copyrights © 2025