Social Science Academic
SPECIAL ISSUE: Membangun Desa Melalui Pemberdayaan SDM

Penanaman Karakter Siswa MI Ma’arif Ngebel Ponorogo melalui Pembiasaan Pagi Sebagai Pembelajaran Sikap Disiplin Sejak Dini

Felani, Bayu Arochim (Unknown)
Mariana, Mariana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat seperti zaman sekarang ini, proses pendidikan tidak hanya melalui pendidikan yang dilakukan melalui tatap muka saja. Akan tetapi, bisa juga dilakukan melalui pembiasaan sejak usia dini harus selalu mengajarkan anak untuk taat beribadah dengan menjalankan shalat yang wajib maupun yang sunnah. Kadang sebagai orang tua hanya bisa membimbing anak untuk taat beribadah pada waktu di rumah saja maka pada saat di sekolah bimbingan akan dilakukan oleh para guru-guru. Maka dari itu KPM 05 INSURI PONOROGO yang berada di Dukuh Ngrogung Desa Ngrogung Kec. Ngebel melakukan pengabdian masyarakat di MI Ma’arif Ngebel guna untuk terjun langsung dalam masyarakat untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan pembiasaan pagi di MI Ma’arif Ngebel Ponorogo dalam Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) Secara keseluruhan program kerja ini bertujuan untuk menjadikan para siswa menjadi anak-anak yang terbiasa patuh dalam aturan, mengelola waktu dengan baik dan memiliki kebiasaan yang terstruktur. Untuk membangun pribadi yang bertanggung jawab, berintegritas dan memiliki semangat belajar yang baik maka pembiasaan tersebut harus di tanamkan sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ssa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

This journal is published by Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo and managet by LPPM INSURI Ponorogo twice a year (June an December). The presence of the journal accommodates scientific writings from the academic community, researchers, students, and practices in social and Humanities that have ...