Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Model Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Multiple Intelligences di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Arbiah, Lutfiana (Unknown)
Natuna, Daeng Ayub (Unknown)
Ramadhani, Masyitha (Unknown)
Dessy, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Pengembangan model pembelajaran interaktif berbasis multiple intelligences menjadi strategi untuk mengatasi keterbatasan sumber daya di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Pendidikan nonformal sering menghadapi tantangan seperti minimnya teknologi pendukung, keterbatasan kompetensi tutor, dan kurangnya kurikulum yang inklusif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran di PKBM, dengan fokus pada optimalisasi pembelajaran meskipun dalam kondisi keterbatasan. Menggunakan metode kualitatif eksploratif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dengan informan utama pengelola, tutor, dan warga belajar. Hasil yang diharapkan meliputi identifikasi tantangan utama dan strategi praktis untuk penerapan pendekatan ini, serta tersusunnya model pembelajaran interaktif yang adaptif, relevan, dan aplikatif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan nonformal melalui solusi yang berbasis kebutuhan dan relevansi, sehingga dapat mendukung pengembangan potensi warga belajar secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...