Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Vol 5, No 5 (2025): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan

Sosialisasi Teknik Dasar Pembuatan Video Pemasaran Digital Berbasis Partisipasi Masyarakat Desa Wisata Sugihmukti

Rachmawati, Indira (Unknown)
Octavia, Damayanti (Unknown)
Millanyani, Heppy (Unknown)
Apon, Nathaleo Michel (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Sugihmukti Village is a tourist village that has great potential to develop in the tourism sector. One of the main challenges faced by this village is the limitation in marketing its tourism attractions to a wider audience. In today's digital era, visual content-based marketing, especially video, is an effective strategy to increase the attractiveness and promotional reach of tourist villages. To overcome these challenges, this community service program aims to provide training in Basic Techniques for Making Digital Marketing Videos Based on Tourism Village Community Participation. The training methods provided are basic skills in video production, including shooting techniques, video editing, and distribution strategies through social media. The training was conducted to 21 participants and based on the post-test results, it was found that the average score of the participants was above 80%. In addition, based on the feedback results, it is known that 97% of participants are satisfied and This training has implications for Sugihmukti Village to be able to produce interesting video content and increase its competitiveness in the tourism sector.ABSTRAKDesa Sugihmukti merupakan desa wisata yang memiliki potensi besar untuk berkembang dalam sektor pariwisata. Salah satu tantangan utama yang dihadapi desa ini adalah keterbatasan dalam memasarkan daya tarik wisata yang dimiliki kepada khalayak yang lebih luas. Di era digital saat ini, pemasaran berbasis konten visual, terutama video, menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan daya tarik dan jangkauan promosi desa wisata. Untuk mengatasi tantangan tersebut, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Teknik Dasar Pembuatan Video Pemasaran Digital Berbasis Partisipasi Masyarakat Desa Wisata. Metode Pelatihan yang diberikan adalah keterampilan dasar dalam produksi video, termasuk teknik pengambilan gambar, penyuntingan video, dan strategi distribusi melalui media sosial. Pelatihan dilakukan kepada 21 peserta dan berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa nilai rata-rata peserta diatas 80%. Selain itu berdasarkan hasil feedback diketahuio bahwa 97% peserta merasa puas dan mDengan adanya pelatihan ini, memberikan implikasi kepad Desa Sugihmukti agar mampu menghasilkan konten video yang menarik dan meningkatkan daya saingnya di sektor pariwisata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPMWidina

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan ...