Explore IT : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika
Vol 17 No 1 (2025): Edisi Juni 2025

Rancang Bangun Media Pengenalan Struktur Tumbuhan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality

Atiqotuz Zummah, Atiqotuz Zummah (Unknown)
Huda, Walidini S (Unknown)
Arief Tri Arsanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Struktur tumbuhan merupakan bagian-bagian penyusun tumbuhan materi struktur tumbuhan dipelajarai oleh siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Sekolah Dasar Islam Az zahra proses pembelajaran struktur tumbuhan yang disampaikan masihmenggunakan buku,sehingga siswa merasa cepat bosan. siswa secara umum hanya mengetahui objek struktur tumbuhan dilingkungan sekitar tetapi, cenderung tidak bisa membedakan beberapa jenisnya. hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap nilai mata pelajaran IPA. motivasi di balik ujian ini adalah untuk membangun media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk memahami struktur tumbuhan . Aplikasi ini melibatkan augmented reality yang memberikan kolaborasi menarik untuk siswa. Aplikasi ini bekerja dengan pemrograman Unity dan metode waterfall untuk strategi pengembangan aplikasi. Hasil dari ujian ini adalah untuk membuat media pembelajaran struktur tumbuhan memanfaatkan inovasi augmented reality metode berbasis marker-based sebagai produk aplikasi. mengingat konsekuensi dari pre-test, nilai yang diperoleh sebesar 61,5 setelah melakukan post-test uji percobaan aplikasi ada kenaikan nilai umumnya sangat baik, mendapatkan nilai tipikal 85 dan hasil presentase uji respon pengguna sebesar 89,8 %

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EXPLORE-IT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Explore IT! merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan. Isi artikel Jurnal EXPLORE IT meliputi bidang Artificial Intellegent, AR VR, Mobile programming, Pattern Recognition, Internet of Thinks (IoT), Remote ...