Penelitian ini bertujuan untuk memetakan perkembangan penelitian mengenai school safety climate dengan menggunakan pendekatan analisis bibliometrik. Data penelitian dikumpulkan dari basis data Scopus dan dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk mengidentifikasi tren publikasi, kolaborasi penulis, serta jaringan kerja sama antarnegara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah publikasi secara signifikan dalam dua dekade terakhir, dengan Amerika Serikat sebagai kontributor terbesar dalam hal jumlah publikasi dan jejaring kolaborasi internasional. Pemetaan penulis memperlihatkan beberapa tokoh kunci yang berperan dominan dalam membangun fondasi teoretis dan praktis terkait iklim keselamatan sekolah, sementara analisis jaringan antarnegara menegaskan bahwa kolaborasi riset masih terpusat pada negara-negara maju, meskipun mulai melibatkan negara-negara Asia dan Afrika. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan penelitian di masa depan, baik dalam aspek teoretis melalui penguatan kerangka konseptual, maupun dalam aspek praktis melalui perumusan kebijakan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan keselamatan di sekolah.
Copyrights © 2025