eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Perilaku Pembelian Produk Skintific Di Tiktok Shop Dengan Niat Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Survei Di Kota Bandung)

Suryadi, Putri Adellia (Unknown)
Rubiyanti, Raden Nurafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi digital mengubah sistem pembelian menjadi serba online. Media sosial yang banyakdigunakan yaitu TikTok, yang menghadirkan fitur TikTok Shop. Skintific sebagai merek kecantikan yang menggunakanTikTok Shop dan bekerjasama dengan influencer dalam mempromosikan produknya. Strategi tersebut terbukti mampu menarikminat konsumen, serta mendorong pembelian oleh konsumen. Tujuan dari pelaksanaan studi ini yaitu menganalisis pengaruhinfluencer marketing pada perilaku pembelian produk Skintific di TikTok Shop dengan niat pembelian yang dijadikan variabelmediasi (Survei Kota Bandung). Pendekatan kuantitatif diimplementasikan pada studi ini melalui penggunaan jenis penelitiananalisis deskriptif. Sampel diambil melalui penggunaan metode non-probability sampling dan teknik purposive samplingsebanyak 194 responden. Data pada studi ini dikumpulkan melalui pembagian kuesioner. Teknik analisis data yangdilaksanakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan path analysis melalui penggunaan software SPSS 27 for Windows.Temuan studi ini mendapati bahwa influencer marketing menyumbang pengaruhnya pada niat pembelian dan perilakupembelian secara positif dan signifikan. Selanjutnya niat pembelian menyumbang pengaruhnya pada perilaku pembelian secarapositif dan signifikan. Selain itu, niat pembelian terbukti dapat memediasi parsial antara hubungan influencer marketing danperilaku pembelian. Studi ini mendapati bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan influencer tidak hanya membentukkeinginan atau niat pembelian pada konsumen, tetapi dapat mendorong mereka untuk melakukan tindakan pembelian.Kata Kunci: influencer marketing, niat pembelian, dan perilaku pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...