eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Kredibilitas Sumber Influencer dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Brand Azarine

Herlambang, Kenanga Arumndalu (Unknown)
Rubiyanti, R. Nurafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Meningkatnya industri kecantikan di Indonesia telah membawa pertumbuhan ekonomi dan pergeseran nilai konsumenyang mengutamakan kualitas, keaslian, dan keberlanjutan. Influencer yang menjadi salah satu sumber informasi jugakini sudah marak, sehingga muncul influencer dengan berbagai latar belakang, salah satunya dokter yang memilikikredibilitas di bidang kesehatan. Studi ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas sumber seorang dokterinfluencer dan loyalitas merek terhadap minat beli konsumen brand Azarine. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif deskriptif dengan karakter asosiatif kausal. Populasi penelitian mencakup individu Generasi Z di KotaBandung yang aktif menggunakan platform TikTok dan pernah melakukan pembelian produk Azarine. Sebanyak 250responden dipilih dengan metode non-probability sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalahSEM-PLS untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan dependen. Analisis data diolah denganmenggunakan software SPSS dan SmartPLS. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dalam fokus isu overclaimproduk, kredibilitas sumber influencer tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dan loyalitasmerek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Sementara itu, secara simultan kredibilitas sumber danloyalitas merek terdapat pengaruh terhadap minat beli. Kata Kunci- Kredibilitas sumber, Loyalitas merek, Minat beli, Sosial Media Influencer, Pemasaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...