Studi ini menginvestigasi dampak dari persepsi negatif terhadap kualitas produk, yang direpresentasikan oleh isugreen line, pada keputusan pembelian smartphone flagship merek āSā. Secara spesifik, penelitian ini menguji peranmediasi dari kualitas perangkat lunak, yang diwakili oleh antarmuka One UI, untuk memahami bagaimana kegagalanpada perangkat keras dapat mempengaruhi persepsi terhadap perangkat lunak.Menggunakan data dari survei daring terhadap 334 pengguna Samsung Galaxy S21-S25 Series, model penelitiandianalisis dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).Hasil analisis menunjukkan tidak adanya pengaruh langsung yang signifikan dari kualitas produk terhadap keputusanpembelian. Namun, kualitas perangkat lunak terbukti secara penuh memediasi hubungan ini. Temuan inimengungkap adanya mekanisme negative spillover effect: persepsi negatif terhadap kegagalan hardware secarasignifikan menurunkan persepsi terhadap kualitas software, yang kemudian menjadi jalur utama yang mempengaruhikeputusan pembelian. Implikasi utamanya adalah keunggulan software tidak dapat sepenuhnya mengkompensasikelemahan hardware karena persepsi konsumen terhadap keduanya saling terhubung. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Kualitas Perangkat Lunak, Green Line, Mediasi Penuh,Spillover Effect
Copyrights © 2025