eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Keberhasilan Produk Baru Wardah yang Dimediasi oleh Inovasi Produk

Syakhilla, Nurfarahim (Unknown)
Syahputra, Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap keberhasilan produk baru pada produkWardah yang dimediasi oleh inovasi produk. Orientasi pasar dianggap krusial dalam memenuhi keinginankonsumen, sementara inovasi produk berfungsi sebagai pendorong keunggulan daya saing. Metode penelitianmenggunakan pendekatan kuantitatif dengan 385 responden pengguna Wardah di Pulau Jawa. Analisis dilakukandengan SEM-PLS. Hasil menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar terhadapinovasi produk dan keberhasilan produk baru. Inovasi terbukti memiliki peran mediasi yang signifikan dalamhubungan tersebut. Implikasi penelitian menekankan perlunya integrasi strategi berorientasi pasar dan inovasi dalampengembangan produk kecantikan. Secara praktis, perusahaan disarankan memperkuat riset pasar dan inovasiberkelanjutan untuk meningkatkan daya saing produk baru. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bagiakademisi dan praktisi dalam memahami mekanisme keberhasilan produk baru.Kata kunci: orientasi pasar, inovasi produk, keberhasilan produk baru, industri kecantikan, wardah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...