eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Perceived Value Terhadap Customer Loyalty Sepatu Converse Chuck Taylor All Star Pada Kalangan Gen Z Di Bandung Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi

Prasetyo, Rizky Bimo (Unknown)
Rubiyanti, Rd. Nurafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Pasar sepatu di Indonesia menunjukkan pertumbuhan signifikan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakatterhadap fashion dan gaya hidup. Persaingan antara brand internasional seperti Converse dan brand lokal semakinketat, terutama dalam menarik perhatian Gen Z yang dikenal selektif dan kritis dalam memilih produk. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value terhadap customer loyalty sepatu Converse Chuck Taylor AllStar di kalangan Gen Z di Bandung, dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 385 responden yang merupakan Gen Z diBandung dan telah membeli sepatu Converse secara offline maupun online. Data dianalisis menggunakan metodeStructural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) melalui bantuan software SmartPLS 4.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dancustomer loyalty. Selain itu, customer satisfaction terbukti memediasi hubungan antara perceived value dan customerloyalty secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan persepsi nilai dan kepuasan pelanggandapat menjadi strategi utama untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, terutama dalam menghadapi kompetisi darimerek lokal yang menawarkan desain serupa dengan harga lebih terjangkau.Kata Kunci- persepsi nilai, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen, converse, gen z

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...