eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan Marketing Mix terhadap Peningkatan Penjualan pada PT Sushi Tei Trans Studio Mall Bandung dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi

Hendriawan, Mochamad Izza Ryan (Unknown)
Syahputra, Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Bisnis restoran merupakan salah satu bidang usaha yang sangat kompetitif di industri makanan Industrirestoran di Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Denganmeningkatnya minat terhadap masakan internasional, sushi telah menjadi salah satu pilihan utama,mencerminkan pergeseran dalam perilaku dan preferensi konsumen. Salah satu restoran yang berhasilmenarik perhatian adalah PT Sushi Tei, yang berlokasi di Trans Studio Mall Bandung, namun brand sushitei mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020 meskipun masih mendapat gelar top brand restoransushi tahun ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi promosi STP dan Marketing Mixmampu meningkatkan penjualan Sushi Tei Trand Studuo Mall Bandung dengan Brand Image SebagaiVarabel Mediasi.Penelitian ini dilakuakan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilansampel non probability sampling yang didapatkan 250 responden yang harus dicari dan dianalisis denganteknik analisis SEM-PLS untuk menguji signifikansi (direct effect) dan uji mediasi (indirect effect) .Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa penilaian responden yang merupakan 250orang pelanggan Sushi Tei Trans Studio Mall Bandung yang berasal dari 5 bagian wilayah Bandung.Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan (path coefficient) direct effect daninderect effect dengan tingkat signifikansi 5% (0.05) dikatakan bahwa Strategi Marketing Marketing Mixberbengaruh terhadap Brand Image, dan Strategi Marketing STP berbengaruh terhadap Sales Performancekarena didapatkan dengan membandingkan hasil t statistik dengan t-tabel (1.966) dan p-value kurang dari0,05.Kata Kunci: Strategi Marketing, STP, Marketing Mix, Brand Image, Sales Performance

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...