Bil Hikmah
Vol 3 No 2 (2025)

Komunikasi Persuasif dalam Al-Qur’an tentang Keutamaan Alam Akhirat dari Alam Dunia

Krisdianto, Didit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Al-Qur’an menjelaskan perbandingan kehidupan alam dunia dan akhirat agar manusia tidak keliru dalam menetapkan tujuan hidupnya. Sulitnya mempersuasif umat Islam untuk memilih akhirat daripada dunia karena akhirat sangat abstrak. Umumnya umat Islam berdakwah dengan doktrin tentang alam akhirat, sehingga memiliki keyakinan yang lemah. Allah SWT. menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an secara berulang-ulang dengan komunikasi persuasif agar umat Islam memilih kehidupan akhirat daripada dunia. Allah SWT. menunjukkan gambaran kongkrit tentang perbandingan alam akhirat dan dunia, bukan dengan cara-cara doktriner. Dengan menggunakan komunikasi persuasif, Allah Swt mengajak umat manusia agar mengutamanakan kehidupan akhirat dari kehidupan dunia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi persuasif dalam Al-Qur'an tentang keutamaan alam akhirat dari alam dunia. Sumber datanya adalah ayat-ayat dari Al-Qur'an mengenai perbandingan deskripsi alam akhirat dan dunia. Analisa menggunakan teori komunikasi persuasif Onong Uchjana Effendy. Hasil penelitiannya adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan karakteristik yang khas pada penerapan teknik komunikasi persuasif dalam Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa kenikmatan alam akhirat lebih utama dari alam dunia dengan perhitungan logis. Penggunaan teknik komunikasi persuasif tersebut adalah Icing technique (teknik tataan) dan Pay-of technique (teknik ganjaran).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bil Hikmah : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam (JKPI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh STID Al-Hadid dengan fokus kajian pengembangan komunikasi dan penyiaran Islam berbasis Islam Rasional Kebangsaan (IRK), meliputi bidang: Dakwah bil lisan, Dakwah bil qalam, Dakwah new media, ...