Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam proses pembelajaran yang ada di MTs Negeri 1 Aceh Selatan, saat proses pembelajaran mata pelajaran Fiqih, terdapat siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung, ada yang asik berbicara dengan teman sebangkunya, ada yang tidur di atas meja bahkan ada yang dengan sengaja melemparkan gumpalan kertas kepada teman-teman. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun dalam pelajaran Fiqih dengan nilai rata-rata siswa 60,80 dan ketuntasan hasil belajar siswa 32% pada pra siklus. maka peneliti mencoba menggunakan metode Snobwall Throwing. Diharapkan akan ada peningkatan hasil belajar dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih baik, Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas dan juga meningkatkan hasil belajar siswa melalui Metode Snobwall Throwing pada pelajaran Fiqih di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan berjumlah 25 siswa diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kolaboratif yaitu pengumpulan data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 87.38%, dan respon siswa 81,60% yang berkategori baik. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunaan metode Snobwall Throwing pada mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan model pembelajaran terbaru seperti metode Snobwall Throwing supaya suasana pembelajaran bisa hidup, bervariasi dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2023