JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas X Di Sma Muhammadiyah Lempangang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa

Muh. Arif Fiqri (Unknown)
Nasir, Nasir (Unknown)
Nurindah, Nurindah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X di SMA Muhammadiyah Lempangang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan media AR berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (pre-eksperiment), model one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 26. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas X. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pretest dan posttest memenuhi uji normalitas, dengan nilai signifikansi (p) ≥ 0,05. Ini menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan memenuhi syarat untuk uji hipotesis. Hasil uji menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media AR. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penggunaan media AR memberikan pengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta mendorong keaktifan mereka dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...