Masalah utama dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X di SMA Muhammadiyah Lempangang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan media AR berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (pre-eksperiment), model one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 26. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas X. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pretest dan posttest memenuhi uji normalitas, dengan nilai signifikansi (p) ≥ 0,05. Ini menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan memenuhi syarat untuk uji hipotesis. Hasil uji menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media AR. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penggunaan media AR memberikan pengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta mendorong keaktifan mereka dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025